Cara Ampuh Tradisional Menangani Batuk Berdahak

Mengapa Batuk Berdahak Memerlukan Penanganan Berbeda? – Batuk merupakan salah satu penyakit yang tergolong sebagai penyakit yang sering di alami oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Meskipun sering dianggap sebagai penyakit biasa atau bukan penyakit berbahaya, namun jangan salah batuk memiliki beberapa jenis dan ada yang berbahaya juga. Seperti batuk berdahak, batuk berdahak sendiri di sebabkan ketika paru-paru mengalami infkesi sehingga menyebabkan paru-paru mengahasilkan dahak atau cairan yang berlebihan. Dan akibatnya bahak akan menumpuk di tenggorokan dan biasanya akan keluar pada saat kita batuk, dan sering kali menyebabkan tenggorokan menjadi tidak enak bahkan perih saat batuk.

Dan dahak yang berlebihan ini juga dapat mengganggu saluran pernapasan sehingga kadang saat kita mengalami batuk berdahak, maka kita akan kesulitan bernafasa atau salah satu hidung kita terasa seperti tersumbat. Secara umum batuk berdahak biasanya di sebabkan karena pilek, sinusitis dan pneumonia. Dan hal ini juga bisa menjadi indikasi atau menjadi penyakit lainnya yang lebih parah jika tidak segera di tangani. Berikut ini kami berikan untuk anda informasi lengkapnya tentang cara dalam menangani sakit batuk berdahak baik untuk anak-anak maupun orang tua.
cara penanganan batuk berdahak

Mengapa Batuk Berdahak Memerlukan Penanganan Berbeda?

Batuk menjadi salah satu penyakit yang umum dan sering dialami oleh banyak orang, sehingga banyak masyarakat yang memandang sebelah mata penyakit ini dan jarang memeriksakannya ke dokter. Namun anda harus waspada jika batuk tersebut memiliki gejala seperti berikut ini :
– Jika batuk berdahak terjadi selama lebih dari 1 minggu dan menjadi semakin parah.
– Dahak yang keluar berwarna merah berbusa atau hijau pekat.
– Terdapat darah pada dahak saat anda batuk.

– Batuk anda menjadi makin parah saat malam hari (bila anda seorang perokok).
– Bila batuk di sertai dengan gejala sakit kepala, kelelahan dan nyeri otot.

Obat Tradisional Untuk Batuk Berdahak

Teh Jahe
Teh hangat dengan campuran irisan jahe di dalamnya ini, menjadi salah satu obat tradisional yang efektif untuk penanganan batuk berdahak dan mengencerkan dahak supaya mudah keluar dan memberikan sensasi nyaman pada tenggorokan. Kami sarankan untuk mengkonsumsi teh jahe 2 kali sehari.
cara menangani batuk berdahak dengan obat tradisional

Belimbing Wuluh
Blimbing wuluh adalah blimbing yang memiliki ukuran kecil, berwarna hijau dan rasanya agak asam. Buah yang satu ini memang sudah sejak lama di kenal sebagai obat untuk mengoati batuk berdahak untuk anak-anak maupun dewasa. Cara membuatnya juga mudah yakni dengan mencampur blimbing wuluh dengan gula, secukupnya adas, dan air. Lalu rebus dan minum ramuan tadi.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga di kenal mampu menangani masalah batuk berdahak secara alami dan cepat. Anda cukup mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat secukupnya dan madu, lalu minum campuran ari tersebut secara rutin yakni 2 kali atau 3 kali sehari. Namun jika pada anak-anak dosisnya adalah 3 kali sehari 1 sendok teh.

Kunyit
Dan obat tradisional untuk mengatasi batuk berdahak yang terakhir yakni kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak terdapat di nusantara, dan sudah sejak zaman dulu di percaya mampu mengatasi batuk berdahak secara alami. Caranya dengan menumbuk kunyit dan campurkan dengan madu dan segelas susu.

Demikianlah pembahasan tentang cara untuk menangani batuk berdahak dengan ramuan obat tradisional yang dapat kami berikan untuk anda pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Masih banyak informasi seputar kesehatan dan medis lainnya yang akan kami bahas disini, karena itu tetap nantikan informasi lainnya disini.